Luwuk Berair

Luwuk adalah ibukota Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah yang berjarak ± 607 km dari kota palu. Kota Luwuk mempunyai moto “Luwuk Berair” dengan arti kota yang “Bersih – Aman – Indah dan Rapi”.
Sedikit dataran rendah yang terdapat di bibir pantai menjadi sentra kota, pemerintahan dan pemukiman penduduk. Sedangkan tak jauh di belakang kota adalah dataran tinggi / pegunungan yang hijau dan subur. Kondisi geografis ini membuat kota Luwuk tampak unik, memanjang menyusuri pantai.
Pemandangan Kota Luwuk sangat indah baik di siang maupun malam hari. Lokasi kota yang menghadap laut, dengan pusat kota tepat di tengah teluk kecil berbentuk bulan sabit serta berlatar pegunungan memadukan keindangan yang eksotik. Di malam hari, kerlap-kerlip lampu-lampu dari bangunan pemukiman yang ada di lereng pegunungan menampilkan pemandangan yang indah dilihat dari pantai. Sebaliknya bila kita lihat dari pemukiman yang berada di lereng pegunungan maka akan mendapatkan pemandangan pantai dan laut yang tak kalah indahnya, terlebih di saat matahari terbit.

Pemandangan Kota Luwuk dan teluk Lalong dilihat dari atas bukit sungguh menakjubkan. Hampir seluruh kota yang berada di sekitar teluk Lalong bisa dilihat dari sini, yaitu di atas bukit kilo satu. Lokasi untyuk melihat pemandangan ini tidaklah jauh, jalan beraspal menanjak dapat dilalui dengan sepeda motor atau menggunakan mobil dalam wamtu kurang dari 15 menit dari dalam kota. Jadi bukan alasan kalau bisa berkunjung ke Luwuk tapi tidak menyempatkan diri untuk melihat pemandangan ini. Pemandangan yang tak kalah indah ketika kita menyaksikannya dimalam hari, kerla-kerlip ribuan lampu sangat mempesona siapapun yang menyaksikannya.